Sejumlah siswa mengalami kendala saat memasukkan data Nomor Induk
Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) di laman sistem
Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.
Sejumlah keluhan muncul, di antaranya NIK dan NISN siswa tak sesuai dengan yang tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tidak hanya itu, NIK dan NISN juga gagal terbaca pada laman KIP Kuliah.
Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mendatangi/ menyuruh calon mahasiswa agar ke Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) agar memperbaiki data yang salah, namun seringkali dari pihak sekolah mengatakan data siswa tersebut sudah tidak ada di Dapodik sekolah.
Langkah kedua anda bisa memperbaiki data anda sendiri melalui laman : http://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/
Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
- Siapkan hasil scan/pindaian Ijazah SMA/SMK/MA.
- Masuk ke website Kemdikbud pada menu Verval Lulusan atau klik pada link di atas.
- Isi semua kolom isian yang ada, pastikan data yang diisi sesuai dengan data yang tertera di Ijazah.
- Pada kolom email pastikan anda menulis email pribadi yang aktif dan bisa diakses.
- Upload berkas (scan Ijazah) dengan kriteria sebagai berikut (Format berakas pdf, jpg, jpeg, png dengan ukuran maks 1Mb).
- Jika semua sudah diisi anda bisa mengajukan ajuan anda dengan mengklik tombol Ajuan
- Untuk mengecek ajuan, anda bisa klik tombol Status pada bagian kanan atas dengan mengisikan email yang telah anda isi pada ajuan dan isi Captcha kemudian klik Status untuk melihat status ajuan anda.
0 comments:
Post a Comment