Follow Us

Sejarah Alat Musik "Angklung"

 

Kata “angklung” berasal dari dua kata bahasa Sunda, yaitu “angkleung-angkleung” yang berarti diapung-apung dan “klung” yang berarti suara dari alat musik tersebut. Jadi, angklung berarti suara yang dihasilkan dengan cara diangkat atau diapung-apungkan.

Pada abad ke-12 sampai ke-16, terdapat kerajaan Sunda di nusantara. Asal-usul terciptanya angklung dipercaya lahir pada masa itu. Di masa itu, rakyat dari kerajaan Sunda mempercayai bahwa dengan memainkan alat musik angklung dapat menghibur dan menyenangkan Nyai Sri Pohaci, yang diyakini sebagai dewi kesuburan. Nyai Sri Pohaci konon berasal dari telur yang ada dari air mata Dewa Naga Anta yang hidup di dunia atas bersama para dewa.

Saat Nyai Sri Pohaci meninggal, Dewa Guru meminta agar tubuh Nyai Sri Pohaci dikubur di dunia yang menjadi tempat tinggal manusia, yaitu dunia tengah. Karena kemurnian sifat Nyai Sri Pohaci selama hidupnya, tumbuhlah berbagai jenis tanaman yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Sunda dari kuburnya.

Padi berasal dari kedua mata Nyai Sri Pohaci. Mata kanannya menjadi padi putih, mata kirinya menjadi padi merah. Begitu juga tanaman bambu yang sangat penting dalam kultur masyarakat Sunda. Bambu yang dikenal dengan nama bambu aur berasal dari paha kanan Nyai Sri Pohaci. Sementara paha kirinya menjadi bambu tali.

Bagian tubuhnya yang lain menjadi tanaman yang tak kalah bermanfaat bagi masyarakat Sunda, seperti kelapa dan enau. Karena itu, Nyai Sri Pohaci pun lalu menjadi dewi yang dipuja dalam kultur masyarakat Sunda. Persembahan terhadap Nyai Sri Pohaci biasa dilakukan dengan iringan tetabuhan dari alat yang terbuat dari batang-batang bambu sederhana. Dari situ lahir struktur alat musik bambu yang menjadi cikal bakal munculnya angklung.

Nyai Sri Pohaci yang terhibur dengan alunan musik angklung diyakini akan membuat tanah menjadi subur sehingga padi yang ditanam pun memberikan hasil berlimpah. Oleh karena itulah, angklung kemudian selalu mengiringi ritual padi di setiap awal musim tanam padi, dan acara perayaan panen sebagai persembahan untuk Nyai Sri Pohaci.

Selain untuk “mengundang” Nyai Sri Pohaci, angklung pun digunakan untuk membangkitkan semangat para prajurit yang berperang. Oleh karena itu, pemerintah Hindia Belanda pernah melarang alat musik ini untuk dimainkan. Larangan keras dari pemerintah Hindia Belanda membuat pemain angklung semakin berkurang.

Pada awal abad ke-20, Thailand mengadopsi alat musik angklung sebagai misi kebudayaan antara Thailand dan Indonesia. Bahkan angklung dapat ditemui di The Evergreen Stage Collage, sebuah universitas di Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, angklung dilestarikan oleh salah satu seniman yaitu Udjo Ngalagena dengan membangun Saung Angklung Udjo di Bandung.

Jenis-Jenis Angklung

Alat musik angklung yang berkembang menghasilkan beberapa jenis angklung baru yang membuat alat musik angklung semakin beragam. Berikut ini adalah jenis-jenis alat musik angklung:

1. Angklung Kanekes

Angklung Kanekes berasal dari Baduy. Permainan angklung kanekes sering ditampilkan pada saat upacara menanam padi. Karena adanya ritual tertentu saat pembuatan angklung Kanekes, maka yang dapat membuat angklung Kanekes hanyalah orang dari suku Baduy Dalam saja.

2. Angklung Reog

Angklung yang memiliki ciri khas suara yang keras ini dimainkan untuk mengiringi tarian Reog Ponorogo, sebuah tarian khas Jawa Timur.

3. Angklung Banyuwangi

Nada Angklung yang disebut Caruk di Bayuwangi ini menghasilkan nada-nada khas kebudayaan Banyuwangi.

4. Angklung Bali

Sedangkan di Bali, angklungnya merupai calung dan diberi nama Rindik.

5. Angklung Dogdog Lojor

Angklung ini diberi nama Dogdog Lojor karena merupakan salah stau alat musik yang dimainkan dalam kesenian Dogdog Lojor. Dogodog Lojor sendiri merupakan sebuah kesenian yang dilakukan oleh masyarakat Banten Kidul untuk menghormati padi.

6. Angklung Gubrag

Angklung Gubrag berasal dari Bogor, dimainkan untuk mengiringi acara panen padi. Menurut sejarah angklung, angklung ini termasuk angklung yang sudah tua.

7. Angklung Badeng

Angklung ini berasal dari daerah Garut. Dulu biasa digunakan untuk mengiringi dakwah Islam.

8. Angklung Buncis

Angklung Buncis biasa digunakan untuk kesenian hiburan, berkembang di daerah Baros, kabupaten Bandung.

9. Angklung Badud

Angklung Badud digunakan untuk mengarak pengantin sunat, berasal dari daerah Tasikmalaya.

10. Angklung Bungko

Angklung Bungko digunakan untuk mengiri tarian Bungko, tarian yang menggambarkan kemenangan atas peperangan berasal dari Cirebon.

11. Angklung Padaeng

Jika angklung pada umumnya memainkan nada pentatonik, angklung Padaeng ini mampu memainkan nada diatonik. Angklung ini dikenalkan oleh Daeng Soetigna. Angklung Padaeng yang memakai nada bulat saja disebut angklung Sarinande.

12. Angklung Toel

Angklung ini diciptakan oleh Yayan Udjo. Angklung ini bisa dimainkan oleh satu pemain saja.

13. Angklung Sir Murni

Angklung ini digagas oleh Eko Mursito Budi untuk robot angklung.

Angklung Di Mata Dunia

Pada 2008 terdapat 11.000 pemain angklung di Jakarta dan 5.000 pemain angklung di Washington DC dan memecahkan rekor terbaru saat itu. Sejak November 2010, UNESCO sudah mencatat angklung sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia. Pada Konferensi Asia-Afrika (KAA) April 2015 sebanyak 20.704 orang berkumpul bersama-sama di Stadiun Siliwangi Bandung untuk memainkan lagu “I Will Survive” dan “We Are The World” dengan menggunakan alat musik angklung. 4.117 di antaranya adalah anak berkebutuhan khusus. Sejarah angklung telah berubah dari yang tadinya hanya diperdengarkan di daerah Sunda sekarang seluruh dunia sudah mengenal musik angklung.

 

Referensi: Dikutip dari berbagai macam sumber

 


Share:

0 comments:

Post a Comment